Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir Bab 1.Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
Terjemah Kitab At-Tanwir
fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh
Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
BAB PERTAMA
BERSERAH DIRI DAN TIDAK IKUT MENGATUR
قال الله سبحانه وتعالى:{فَلا وَرَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ
فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجاً مِمَّا
قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيماً}.وقال تعالى:{أَمْ لِلْإِنْسَانِ مَا تَمَنَّى، فَلِلَّهِ الْآخِرَةُ
وَالْأُولَى}.وقال صلى الله عليه وسلم: (ذاق طعم الإيمان من رضي بالله ربا، وبالإسلام دينا،
وبمحمد صلى الله عليه وسلم نبيا ورسولا).وقال صلى
الله عليه وسلم: (أعبد الله بالرضا، فإن لم تستطع
ففي الصبر على ما تكره خير كثير).إلى غير ذلك من
الآيات والأحاديث الدالة على ترك التدبير ومنازعة المقادير، إما نصا صريحا، وإما
إشارة وتلويحا.وقد قال أهل المعرفة: "من لم يُدبِّر دُبِّرَ له".وقال
الشيخ أبو الحسن الشاذلي رضي الله عنه: "إن كان ولا بد من التدبير، فدبروا أن
لا تدبروا". وقال أيضا: "لا تختر من أمرك شيئا، واختر أن لا تختار، وفرّ
من ذلك المختار، ومن فرارك، ومن كل شيء إلى الله تعالى، وربك يخلق ما يشاء
ويختار". فقوله تعالى في الآية الأولى: {فَلا
وَرَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لا
يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجاً مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيماً}، فيه دلالة على أن الإيمان الحقيقي لا يحصل إلا لمن
حكّم الله ورسوله صلى الله عليه وسلم على نفسه، قولا وفعلا، وأخذا وتركا،
وحبا وبغضا، ويشمل ذلك حكم التكليف، وحكم التصريف والتسليم، والانقياد واجب على كل
مؤمن في كليهما. فأحكام التكليف: الأوامر والنواهي المتعلقة باكتساب العباد. وأحكام
التصريف: هو ما أورده عليك من قهر المراد. فتبين من هذا أنه لا يحصل لك حقيقة
الإيمان إلا بأمرين: بالامتثال لأمره، والاستسلام لقهره.
ثم إنه سبحانه وتعالى، لم يكتف بنفي الإيمان عمن لم يحكّم، أو حكّم ووجد الحرج في نفسه على ما قضى، حتى أقسم على ذلك بالربوبية الخاصة برسوله صلى الله عليه وسلم، رأفة وعناية، وتخصيصا ورعاية، لأنه لم يقل: {فلا والرب}، وإنما قال: {فَلا وَرَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُم}.و في ذلك تأكيد بالقسم، وتأكيد في المقسم عليه. علما منه سبحانه بما النفوس منطوية عليه من حب الغلبة ووجود النصرة، سواء كان الحق عليها أو لها. وفي ذلك إظهار لعنايته برسوله صلى الله عليه وسلم، إذ جعل حُكمه حُكمه، وقضاءه قضاءه، فأوجب على العباد الاستسلام لحكمه، والانقياد لأمره؛ ولم يقبل منهم الإيمان بإلهيته حتى يذعنوا لأحكام رسوله صلى الله عليه وسلم. لأنه كما وصفه ربه: {وما ينطق عن الهوى، إن هو إلا وحي يوحى}. فحُكمه حُكم الله، وقضاؤه قضاء الله. كما قال: {إن الذين يبايعونك إنما يبايعون الله}. وأكد ذلك بقوله: {يد الله فوق أيديهم}.وفي الآية إشارة أخرى لعظيم قدره، وتفخيم أمره صلى الله عليه وسلم، وهي قوله تعالى:{فلا وربك}. فأضاف نفسه تعالى إليه، كما قال في الآية الأخرى: {كهيعص. ذكر رحمة ربك عبده زكريا}. فأضاف الحق سبحانه اسمه إلى محمد صلى الله عليه وسلم، وأضاف زكريا إليه، ليعلم العباد فرق ما بين المنزلتين، وتفاوت ما بين الرتبتين. ثم إنه لم يكتف بالتحكيم الظاهر فيكونوا به مؤمنين، بل اشترط فقدان الحرج، وهو الضيق في نفوسهم من أحكامه صلى الله عليه وسلم، سواء كان الحكم بما يوافق أهوائهم أو يخالفها. وإنما تضيق النفوس لفقدان الأنوار، ووجود الأغيار، فمنه يكون الحرج وهو الضيق، والمؤمنون ليسوا كذلك، إذ نور الإيمان ملأ قلوبهم، فاتسعت وانشرحت، فكانت واسعة بنور الواسع العليم، ممدودة بوجود فضله العظيم، مهيأة لواردات أحكامه، مفوضة إليه في نقضه وإبرامه.
ثم إنه سبحانه وتعالى، لم يكتف بنفي الإيمان عمن لم يحكّم، أو حكّم ووجد الحرج في نفسه على ما قضى، حتى أقسم على ذلك بالربوبية الخاصة برسوله صلى الله عليه وسلم، رأفة وعناية، وتخصيصا ورعاية، لأنه لم يقل: {فلا والرب}، وإنما قال: {فَلا وَرَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُم}.و في ذلك تأكيد بالقسم، وتأكيد في المقسم عليه. علما منه سبحانه بما النفوس منطوية عليه من حب الغلبة ووجود النصرة، سواء كان الحق عليها أو لها. وفي ذلك إظهار لعنايته برسوله صلى الله عليه وسلم، إذ جعل حُكمه حُكمه، وقضاءه قضاءه، فأوجب على العباد الاستسلام لحكمه، والانقياد لأمره؛ ولم يقبل منهم الإيمان بإلهيته حتى يذعنوا لأحكام رسوله صلى الله عليه وسلم. لأنه كما وصفه ربه: {وما ينطق عن الهوى، إن هو إلا وحي يوحى}. فحُكمه حُكم الله، وقضاؤه قضاء الله. كما قال: {إن الذين يبايعونك إنما يبايعون الله}. وأكد ذلك بقوله: {يد الله فوق أيديهم}.وفي الآية إشارة أخرى لعظيم قدره، وتفخيم أمره صلى الله عليه وسلم، وهي قوله تعالى:{فلا وربك}. فأضاف نفسه تعالى إليه، كما قال في الآية الأخرى: {كهيعص. ذكر رحمة ربك عبده زكريا}. فأضاف الحق سبحانه اسمه إلى محمد صلى الله عليه وسلم، وأضاف زكريا إليه، ليعلم العباد فرق ما بين المنزلتين، وتفاوت ما بين الرتبتين. ثم إنه لم يكتف بالتحكيم الظاهر فيكونوا به مؤمنين، بل اشترط فقدان الحرج، وهو الضيق في نفوسهم من أحكامه صلى الله عليه وسلم، سواء كان الحكم بما يوافق أهوائهم أو يخالفها. وإنما تضيق النفوس لفقدان الأنوار، ووجود الأغيار، فمنه يكون الحرج وهو الضيق، والمؤمنون ليسوا كذلك، إذ نور الإيمان ملأ قلوبهم، فاتسعت وانشرحت، فكانت واسعة بنور الواسع العليم، ممدودة بوجود فضله العظيم، مهيأة لواردات أحكامه، مفوضة إليه في نقضه وإبرامه.
Alloh swt. Berfirman : “Demi
Tuhanmu, mereka tidak beriman hingga mereka berhukum kepadamu atas perkara yang
mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa berat menerima keputusanmu
dan mereka menerima sepenuhnya.”
Alloh berfirman: “ Apakah manusia
akan mendapatkan semua yang diinginkannya?. (tidak ) hanya milik Alloh
kehidupan akhirot dan kehidupan dunia”.
Nabi saw. Bersabda : “Orang yang telah
ridho Alloh sebagai Tuhannya, islam sebagai agamanya, dan Muhammad sebagai
nabinya sungguh telah merasakan nikmatnya Iman”.
Dalam hadits lain Beliau bersabda: “
Sembahlah Alloh dengan penuh keridhoan. jika tidak mampu, dengan kesabaranmu
menerima apa yang kau benci kau akan mendapatkan kebaikan yang besar”.
Masih banya ayat dan hadits yang
mengajarkan kita untuk tidak mengatur dan menentang ketentuan Alloh, baik
berupa ungkapan yang jelas, maupun yang berupa petunjuk dan isyarat.
Seorang ‘Arif berkata: “Siapa yang
tidak ikut mengatur, segala urusannya akan diaturkan untuknya”.
Syeikh Abu al-Hasan as-Syadzily ra.
Berkata : “Jika memang harus ikut mengatur, maka aturlah untuk tidak ikut
mengatur”. Beliau juga berkata : “Jangan sekali-kali ikut memilih dalam
urusanmu. Pilihlah untuk tidak memilih. Larilah dari pilihanmu dan dari segala
sesuatu menuju Alloh swt. Dialah yang menciptakan apa yang Dia kehendaki
sekaligus memilihnya”.
Firman Alloh dalam ayat yang pertama
ya’ni : “Demi Tuhanmu, mereka tidak beriman hingga mereka berhukum
kepadamu atas perkara yang mereka perselisihkan.” Ayat ini
menunjukkan bahwa iman sejati hanya bisa diraih oleh orang yang sepenuhnya
berhukum kepada Alloh dan Rosul-Nya, baik dalam ucapan maupun perbuatan, dalam
mengambil maupun meninggalkan, dalam mencintai maupun membenci. Seorang mukmin
harus tunduk, termasuk dalam hukum taklif dan pengaturan. Hokum taklif adalah
berbagai perintah dan larangan yang berkaitan dengan usaha dan perbuatan hamba..
sementara pengaturan adalah ketentuan dan keinginan Tuhan yang tidak bisa
dielakkan. Jadi jelas, hakikat iman hanya bisa diraih melalui dua hal, yaitu
mengerjakan perintah-Nya dan menerima ketentuan-Nya.
Pada ayat itu Alloh swt. Tidak hanya
mengaitkan iman dengan keharusan untuk berhukum kepada Nabi saw. Dan dengan
kerelaan penuh untuk menerima segala keputusannya, namun Dia menekankan hal itu
melalui sumpah-Nya dengan pemeliharaan-Nya yang khusus kepada Rosululloh saw.
Dalam bentuk kasih saying, perhatian, pengistimewaan, dan penjagaan. Dalam ayat
itu Alloh tidak mengatakan “Demi Tuhan”, Namun “Demi Tuhanmu, mereka tidak
beriman hingga mereka berhukum kepadamu atas perkara yang mereka perselisihkan”
. dalam ayat itu menegaskan sumpah sekaligus isi sumpah-Nya. Karena Alloh
mengetahui kecenderungan jiwa manusia untuk menang dan mencari pembelaan, baik
ketika dalam pihak yang benar maupun yang salah. Karena itulah ayat diatas
mengungkapkan pertolongan dan perhatian Alloh kepada Rosululloh saw. Alloh
menjadikan Hukum Rosululloh menjadi hukum-Nya dan ketentuan Rosululloh menjadi
ketentuan-Nya. Maka Alloh mewajibkan hamba untuk menerima dan mematuhi
hukumnya. Seseorng tidak dianggap meng-imani terhadap ketuhanan-Nya sebelum ia
mematuhi hokum dan keputusan Rosululloh saw. Karena, sebagaimana firman Alloh
swt: “ Dan (Muhammad) tidak berbicara dari hawa nafsunya. Namun, ia
adalah wahyu yang diturunkan(kepadanya)”. Hukum Rosululloh merupakan
hokum Alloh dan kepputusannya merupakan keputusan Alloh. Sebagaimana ditegaskan
dalam firman-Nya: “ Orang-orang yang berjanji setia kepadamu, sebenarnya
mereka berjanji setia kepada Alloh”. Ayat lain memperkuat penegasan itu
“ Tangan Alloh di atas tangan mereka”.
Dalam ayat yang pertama (Demi Tuhanmu),
sekaligus mengisyaratkan keagungan Rosululloh, melalui ungkapan ini Alloh
menisbatkan Diri-Nya kepada Rosululloh, sebagaimana di tegaskan dalam
ayat lain : “Kaaf haa yaa ‘aiin shood. Ingatlah rahmat Tuhanmu
kepada hambanya Zakaria”.
Alloh swt. Menisbatkan nama-Nya kepada
Nabi Muhammad saw,. Dan menisbatkan Zakaria kepada-Nya (‘abdahu). Maksudnya
adalah agar kita mengetahui perbedaan kedudukan antara keduanya. Selain itu
iman seorang hamba tidak bisa ditetapkan hanya melalui ketundukan lahiriyyahnya
kepada hokum Rosululloh. Ada syarat lain yang harus di penuhi sehingga ia
dikatakan Mukmin, yaitu tudak merasa berat hati menerima hukum Rosululloh baik
hokum dan putusannya itubersesuaian maupun bertentangan dengan hasratnya.
Kerelaan penuh itu menjadi syarat karena rasa berat hati itu muncul dari
ketiadaan cahaya dan adanya sesuatu selain Alloh dalam hatinya. Sedangkan orang
mukmin tidak seperti itu, cahaya iman memnuhi relung-relung hatinya, luas dan
lapang. Ia menjadi luas berkat cahaya Tuhan yang Maha luas dan Maha
Mengetahui, yang terbentang lewat karunia-Nya sehingga ia siap menaati
semua hokum-Nya dan pasrah menerima semua pembatalan dan penetapan-Nya.
Kelembutan Alloh kepada Hamba ketika datang ketentuan-Nya.
sumber : ashakimppa
Masyaallah..
BalasHapus